Apa Itu Search Engine?

search engine, crawling,searching,indexing,google,lycos,altavista,djuyadi

Image:  ContactDubai

Search engine adalah program yang digunakan untuk mencari informasi di lingkungan (realm) tertentu dan menyimpannya dalam database. Istilah ini seringkali terlalu dikaitkan dengan Internet search engine, yakni search engine yang didisain khusus untuk pencarian informasi di Internet. Sebenarnya search engine bisa juga dimanfaatkan untuk pencarian konten offline seperti misalnya katalog perpustakaan, konten hardisk di komputer pribadi, atau katalog koleksi museum dsb. Search engine membantu kita mengorganisir dan menampilkan informasi sedemikian rupa sehingga informasi tsb mudah diakses.

Ada tiga hal menyangkut search engine: crawling, indexing, dan searching. Sewaktu crawling, search engine mencari konten baru yang tidak ditemukan pada crawl terakhir, termasuk update file dan halaman web. Kemudian ia mengindex informasi yang didapat, mengambil keyword lalu mengelompokkannya. Di Internet misalnya, indexing sangat dipengaruhi oleh keyword dan meta tag yang menyediakan informasi mengenai halaman web.

Jika informasi sudah diindex, informasi mengenai bagaimana cara mengakses informasi tsb kemudian disimpan dalam database. Sebagian search engine juga membuat “cache” agar pengambilan informasi ketika diperlukan menjadi lebih mudah. Ketika kita melakukan pencarian, search engine kemudian menampilkan hasil yang diperluas berdasar relevansinya. Pencarian “apel” misalnya, akan memunculkan hasil mengenai hal-hal yang berkaitan dengan apel, termasuk misalnya, “apa itu apel?” demi kenyamanan pengguna.

Walau semua search engine bekerja dengan cara serupa tetapi kegunaannya bisa cukup bervariasi. Search engine didasarkan pada algoritma kompleks untuk menentukan relevansi hasil pencariannya, terutama hasil pencarian keyword-keyword generik. Pengguna cenderung lebih menyukai search engine yang menampilkan hasil pencarian seperti yang mereka harapkan. Google, Yahoo, Lycos dan Altavista misalnya, berlomba melengkapi fitur masing-masing search engine-nya agar hasil pencarian yang ditampilkan lebih relevan dan lebih disukai penggunanya.

Google menjadi sangat terasosiasi dengan proses web search sehingga pencarian di web kini diistilahkan dengan “googling”. Google sendiri sebenarnya tidak terlalu menyukasi hal ini karena khawatir penggunaan huruf kecil pada penyebutan nama perusahaannya, dan penggunaannya secara generik dapat mengurangi nilai jual.

Technorati Tags: , , , ,

Comments at the Library of Congress blog

Terjadi diskusi hangat di bagian komentar blog the Library of Congress mengenai pendokumentasian semua tweet yang muncul sejak 2006. Kini semua tweet kita tercatat di the Library of Congress “bersebelahan” dengan the Declaration of Independence. Sayang, the Library of Congress tidak mengijinkan ada link untuk penulis komentar padahal TLD (Top Level Domain)-nya .gov

comments at the Library of Congress blog

Home | About | Blogging | Daily Life | Insights | News | Videos | SEO

About these ads

3 Responses to Apa Itu Search Engine?

  1. galih says:

    trimakasih artikelnya sangat membantu!!

    • djuyadi says:

      Terimakasih kembali.

      Syukurlah kalo bisa bermanfaat. Itu juga sebenarnya untuk catatan saya sendiri. Diterjemahkan dari situs lain. Ah… sumbernya jadi sudah lupa.
      Harusnya dulu disebutkan di post-nya.

      O ya saya sudah berkunjung balik ke blognya galih dan coba menulis komentar, tapi keliatannya ada masalah ya. Tidak ada pilihan isian alamat email dan URL.
      Btw, terima kasih sudah berkunjung.
      Salam.

  2. mohd jeffri bin zainal says:

    it’s good..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: