Internal Linking Pada Postingan Lama, Pengaruhnya Terhadap SERP

Thanks for your sharing, bagaimana jika kita memperbaiki internal linking kita pada postingan lama, apa juga ada pengaruhnya terhadap SERP Google, matur nuwun

Jawaban pendeknya ya. Tapi ini bukan satu-satunya faktor penentu. Asumsinya begini: Jika suatu halaman sudah berumur sangat lama dan struktur linknya tetap, ia akan ‘ditinggalkan’ oleh search engine. Crawler tidak lagi sering-sering nengokin. Crawler memanfaatkan cache untuk merujuk ke halaman ini. Tetapi jika kita buat perubahan struktur link atau mudahnya kita buat link baru ke halaman lama, crawler akan ikuti link baru ini, karena crawler tahunya cuma ngikutin link. Link ini, jalan buat crawler, kita sendiri yang atur. Kalau saya tidak salah link building kan sebenarnya menyangkut soal ini dan itu sebabnya pula ada yang disebut PageRank sculpting. Jadi halaman lama ini kembali ditengokin crawler.

Pembenahan internal link structure berpengaruh langsung pada PageRank (tapi bukan berarti PageRanknya ngelonjak). Kalau pembenahannya ‘OK’ PageRank jadi lebih ‘OK’. Dengan PageRank yang ‘OK’ kita bisa berharap SERP juga berubah lebih baik.

Tapi ini asumsi saya lo ya. Ini kesimpulan yang bisa saya dapat dari berbagai sumber dan dari apa yang sudah saya kerjakan. Sampai sekarang saya masih dihantui pertanyaan, sebenarnya internal link structure yang bener-bener bagus itu yang gimana sih? Saya sudah coba lebih dari satu pola struktur termasuk salah satunya pada blog ini, hasilnya? kabar buruk mas… tapi yang hasilnya bagus juga pernah saya dapatkan, termasuk ya itu, mengangkat kembali halaman lama.

Home | About | Blogging | Daily Life | Insights | News | Videos | SEO

4 Responses to Internal Linking Pada Postingan Lama, Pengaruhnya Terhadap SERP

  1. jpmpgx says:

    Muito legal seu blog, Muita informação de qualidade, para se informar e descontrair, parabéns, Voltarei e vou indicar tbm.

    http://twittenews.blogspot.com

    • djuyadi says:

      Obrigado por visitar e escrever algo em meu blog. É sempre bom ter amigos de diferentes partes do mundo, independentemente das razões que trazê-lo aqui. Prazer em vê-lo.

  2. heheh..seo memang keliatan sederhana.kadang rumit mas..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: