Bercengkrama Dengan Search Engine: Traffic!!! Link!!!

Alexandra Kosteniuk

Alexandra Kosteniuk

Seperti dikatakan di situsnya, Alexandra Kosteniuk adalah seorang Grand Master Wanita (GMW [1998]) dan International Master (IM) di kalangan pecatur pria (2000). Pada kongress FIDE di Calvia (2004) Alexandra mendapat norma Grand Master (pria) dan menjadi wanita ke-10 dalam sejarah catur yang mendapatkan gelar ini.

Alexandra lahir di Perm, Rusia, 23 April 1984. Tinggal di Moskow sejak berusia satu tahun, lulus dari the Russian State Academy of Physical Education pada July 2003 dan sekarang menjadi trainer catur profesional. Ayahnya, Konstantin Vladimirovich, yang mengajarinya bermain catur ketika ia berusia 5 tahun.

Irene Kharisma Sukandar

Irene Kharisma Sukandar

Di sebelah kanan adalah Irene Kharisma Sukandar. Sayang belum tersedia banyak informasi mengenai Irene. di Wikipedia berbahasa Indonesia tertulis Irene Kharisma Sukandar (lahir di Jakarta, 7 April 1992) adalah seorang pecatur Indonesia pertama yang berhasil menyandang gelar Grand Master Internasional Wanita (GMIW) terhitung mulai Desember 2008.

Bagaimana aku bisa kesandung di situsnya Alexandra Kosteniuk? Aku menulis  Chess Game: Strategic Positioning and Timing dan approved di Articlesnatch. Post ini juga terbit di blog. Lama dibiarkan. Lalu pada Mei,15,2010 ada seseorang menulis komentar:

blankchessIa mengoreksi penggunaan istilah Blank Chess untuk menyebut permainan catur tanpa melihat papan catur. Pemain cuma menyebutkan apa yang dilangkahkan beserta arahnya. Ia bilang catur seperti itu bukan Blank Chess tetapi Blindfold Chess. BlankChess adalah varian permainan catur. Untuk lebih jelas kunjungi www.blankchess.com.

He/she is so nice, menulis komentar berisi kritik dan menunjukkan apa yang seharusnya.

URL itu ternyata sebuah situs yang hanya berisi satu halaman. Link Report di SearchStatus menunjukkan situs ini hanya terdiri dari 4 internal link dan 6 eksternal link, total 10. Semua eksternal linknya dofollow.

blankchess page

blankchesstoolbar

Satu hal pasti, situs berkonfigurasi sangat minimal ini hidup. Ia PR1 dan Alexa Rank <1 juta. Ini tanda kehidupan. Pasti ada link dari luar (sekarang bertambah dari blog ini) yang merujuk ke satu-satunya halaman ini dan pasti ada kunjungan. Tidak mudah mendapatkan angka traffic <1 juta, bukan?

Kita punya blog dan setiap orang yang punya blog pasti bicara soal traffic di samping PageRank. Lalu apa itu traffic? Apa yang dikatakan Alexa dengan angka stats-nya? Apa yang bisa kita tarik dari situs satu halaman?

Apakah traffic itu kunjungan? Ya

Apakah kunjungan itu harus selalu disertai menulis komentar? Mmm… Tidak

Jadi kunjungan yang hanya sekedar lihat, juga traffic? … Situs satu halaman itu tidak punya kolom komentar…

Jadi kalau ada orang datang ke blog kita dan hanya sekedar baca atau bahkan hanya kesasar, cuma lihat lalu pergi, juga bisa menurunkan angka Alexa? Situs satu halaman itu tanpa fitur seperti blog.

Apa kunjungan itu kunjungan manusia (saja)?

Angka stats Alexa dipengaruhi dan sebagian mencerminkan jumlah kunjungan? Ya. Tetapi jangan pikir bahwa kunjungan itu hanya kunjungan manusia (human). Apalagi bahwa kunjungan itu harus selalu disertai komentar. Ini tidak dimaksudkan mengecilkan arti saling tukar komentar. Tidak, bukan itu maksudnya. Komentar itu sangat perlu, dan ini terbukti dengan sendirinya. Tulisan ini tidak akan ada kalau tidak ada orang menulis kritik soal penggunaan istilah Blank Chess pada artikel soal catur di atas.

Tetapi mari kita pilah sedikit lebih dalam. Ada dua aspek dalam aktifitas blogging. Pertama, Blog adalah media bersosialisasi, untuk bergaul dan, kedua, ia perangkat teknologi. Apapun istilah di semesta blog selalu berkaitan dengan kedua hal ini. Kedua aspek ini saling bertautan seperti dua sisi mata uang.

Traffic bukan cuma kunjungan manusia, tetapi juga kunjungan search engine. Traffic bisa berupa actual visit; orang datang ke blog kita, lihat-lihat, klik sana klik sini (maunya) lalu menulis komentar (perfect!). That’s the best yang diharapkan setiap pemilik blog. Traffic juga berarti crawl, telusur yang dilakukan bot atau spider.

Telusur yang dilakukan crawler lebih pasti karena ia secara periodik dengan rentang waktu tetap, mengunjungi setiap situs. Crawler ini tidak cuma satu tapi banyak.

Actual visit maupun crawl bisa terlihat melalui Feedjit. Kapan kedua makhluk ini datang, dari mana asalnya, bisa terlihat di statsnya Feedjit. Ini juga berarti sebaliknya, yakni kita tidak bisa pastikan, apakah yang terlihat di Feedjit itu human atau bot? manusia atau lancah?

Satu hal yang pasti, perubahan stats pada Feedjit berkaitan dengan Alexa Rank. Semakin sering stats pada Feedjit berubah, kita bisa simpulkan, semakin banyak makhluk yang datang, dan semakin cepat Alexa Rank berubah (angkanya mengecil, artinya traffic ada terus).

Bagaimana mendatangkan traffic yang banyak, atau paling tidak konstan, ada terus tiap hari?

Kita berurusan dengan dua makhluk: lancah (spider/bot/crawler) dan human (orang). Undang keduanya supaya mau datang ke blog kita. Undang teman dengan mengunjungi blognya, tulis komentar di sana lalu mohon dengan hormat supaya mau berkunjung balik ke blog kita. Dengan cara ini sebenarnya dua makhluk sekaligus terundang. Teman kita itu, kalau berbaik hati pasti datang berkunjung balik lalu menulis komentar pula, dan akibat kita menulis komentar di blognya, lahir link (kecuali berisi informasi penting, jangan tulis URL pada badan komentar, tulislah URL pada profile). Link kemudian menjadi tanda jalan buat spider untuk datang ke blog kita (pasti). Pasti? Ya. (kecuali ada yang menghalanginya, misalnya webserver error atau  host [over]load).  Spider kerjaannya setiap hari menelusuri link, seperti pedagang keliling. Semakin banyak link yang menuju ke blog kita, semakin banyak dan sering spider berkunjung karena ia temukan lebih banyak tanda jalan.

Mana yang seharusnya menjadi fokus kita, human atau spider? Tentu saja orang. Tetapi kita juga bisa dengan sengaja bercengkrama dengan spider.

Apa sih undangan untuk kedua makhluk ini? Konten. Content is King. Konten yang menarik dan ada gunanya sehingga orang mau datang, lihat dan baca. Untuk spider –spider ini tidak tahu semantika (hal-hal berkaitan dengan makna kalimat)– yang penting konten berupa teks. Spider sudah diupayakan menjadi lebih cerdas dan bisa menentukan apakah suatu teks memiliki relevansi dengan teks lainnya atau tidak. Tetapi spider ini belum juga mengalahkan (maaf) sarimin yang suka pergi ke pasar, namanya juga lancah. Tahunya yang penting ada konten dan ada link yang mengarah ke konten ini. …& Fuvenanda

Bercengkrama Dengan Crawler

Lorem Ipsum Nedir? Nereden Gelir? Hvad er Lorem Ipsum? Hver kommer det fra?

Coba buat konten dengan beragam bahasa, apa yang akan didapat? Gambar bendera di Feedjit bakal semakin beragam dan kalau diperhatikan, mewakili negara-negara yang bahasanya sama dengan bahasa konten. Traffic!! Apakah yang datang orang? Mmm… Traffic!

PingCrawl

Pasti sudah tahu soal Related Post. Bagaimana dengan Related Blog?

BlueHatSEO bicara soal ini:

Setiap kita terbitkan post,  PingCrawler mencari dan menandai post serupa dari blog lain yang membolehkan pingback dengan tag. PingCrawler kemudian akan membuat link  di bawah post  ini. Lalu ia mengeksekusi pingback ke semua post yang linknya sudah dibuatkan itu. Kita bisa tentukan sendiri berapa banyak post per tag yang akan dikerjakan. Biasanya tercapai keberhasilan 80% untuk masing-masing tag dan cara ini legitimate jadi pingback yang masuk moderasi biasanya approved. Cara ini menghasilkan deep link (link antar halaman) untuk masing-masing post yang kita buat dan tentu saja membantu  link building, terutama untuk blog-blog baru.

Ada banyak macam orang di luar sana dengan beragam kepentingan. Ada yang bikin blog dengan auto-content, dan mereka gunakan PingCrawl karena mudah didownload.  Blog-blog  ini seperti robot, mencari dan mengusahakan link sendiri tanpa campur tangan pembuatnya. Jika kita punya konten yang menurut blog ini related, kita akan dapatkan pingback. Mau terima atau tidak? Approve atau tidak? …& Fuvenanda

SearchStatus tidak menandai link di bawah Related Blog dengan stabilo. Link-link ini tidak menggunakan rel=”nofollow”. Gambar di bawah adalah HTML source-nya. Dofollow Link!!!

Home | About | Blogging | Daily Life | Insights | News | Videos | SEO

About these ads

12 Responses to Bercengkrama Dengan Search Engine: Traffic!!! Link!!!

  1. Fuvenanda says:

    Oh, pantas postingan mas sebelum2nya menggunakan bahasa apa itu? Saya kira kenapa kog bahasanya aneh.Hehe

    • djuyadi says:

      thanks Fuvenanda
      intinya sy ingin katakan ada cara yang lebih elegan bertukar link, yakni dengan saling membuat ulasan, mengutip rujukan. ada dua rujukan dari post ini ke dua halaman di fuvenanda. Ini deep link dan natural. dg cara ini tukar link jadi punya konten, ada isinya. bukan cuma link tp jadi ada pertukaran pengetahuan dst

      jujur, sy menikmati membaca tulisan-tulisan fuvenanda. suka iri, kok bisa ya fuvenanda menulis seperti itu, terasa sangat mengalir. apa pun temanya, sy menikmati membacanya, tp sy tdk tinggalkan komentar (tetep traffic lo buat fuvenanda n ga perlu jd gusar kl ga ada komentar hhe…). fuvenanda, buat sy, alur berpikirnya sudah punya warna. tp sy bukan siapa-siapa, bukan penulis, jadi komentar ini mungkin nilainya hrs dipertanyakan. komentar yg bernilai datang dari org yg kompeten di bidangnya.

      sy bs pahami fuvenanda, di usia skrg, lg seneng-seneng gaul. mungkin respon terbuka dr org lain sangat perlu. melalui ini sy ingin tunjukkan perspektif lain: penguasaan hal-hal teknis, klo boleh sy bilang bgt. o ya, yg lorem ipsum itu jgn ikuti ya soalnya konten blog jd ga karuan. selalu ada yg hrs dikorbankan utk mencapai sesuatu. ini soal prioritas. blog sy ini dibuat untuk eksplorasi, what i am excited about. hasilnya kebanyakan sy tumpahkan di tempat lain. sy lbh banyak dn sebenarnya lbh nyaman membuat situs statis spt situs yg berisi satu halaman itu.

      seneng banget bs kenal dg fuvenanda. gift yg sy kasih msh digunakan ga? lumayan lo pengaruhnya.
      sy mau menghilang, mungkin agak lama… ada yg hrs sy kerjakan dan pasti ga bakalan bisa ngeblog.
      fuvenanda nulis terus ya. biar sy baca terus. n itu pasti traffic. biar tanpa komentar. sehat sll n baik-baik ok?!
      salam

  2. anggi says:

    Nice inpo mas… Tapi jujur, saya masih bingung. hehehe…

    • djuyadi says:

      Halo Mas Anggi
      Kira-kira ini yang ingin sy sampaikan: (1) klo kita membuat rujukan ke tulisan org, di wordpress.com, secara otomatis akan diberitahukan ke pemilik tulisan yg dirujuknya. Persis spt kita menulis komentar, harus dimoderasi, mau disetujui atau tdk. pemilik tulisan yg dirujuk akan mendapat link. Ada pluggin utk wordpress namanya pingcrawler (pingbacker), ia secara otomatis membuatkan rujukan ke tulisan-tulisan lain yg dianggapnya sama temanya. Klo kita menulis sesuatu (dlm contoh ini sy copas Planet Earth) kita memiliki peluang dirujuk oleh buanyak blog yang menggunakan pingcrawler. Dengan cara ini kita dapat link (gratis). Link ini banyak yg dofollow (ini yg kita cari) dan kita ga perlu susah-susah, semuanya terjadi secara otomatis. Pada contoh di atas, sy dapat link dari sebuah autoblog, ia PR2, lumayan bukan? dan ini bukan cuma satu, dua, tp banyak. Ada yg pernah blg nyari dofollow link itu susah. Padahal kl lihat kejadian ini ga susah ya(?) asal tahu caranya dan tak henti coba. (2) Sy ingin bilang bhw traffic muncul karena kunjungan orang dan search engine. Search engine ini lbh mudah dimanipulasi. Pada contoh di atas sy gunakan posting dg banyak bahasa, dan itu mendatangkan traffic yang banyak juga. (3) sy jg ingin bilang seharusnya dg blog kita bisa jadi jauh lebih mudah mendapatkan link (untuk pagerank) dan traffic (untuk alexa rank). link dan traffic bukan cuma berlaku untuk blog. klo situs satu halaman bisa dpt PR1 dan alexa rank <1juta, dg blog seharusnya kita bisa jauh lebih mdh mendapatkannya. Pada blog kita punya calon pengunjung yang kedua-duanya (orang dan search engine) bisa dengan sengaja kita undang. kita bisa dengan sengaja berkunjung ke blog lain dan meminta pemiliknya kunjung balik. Pemilk situs satu halaman itu tdak bisa melakukan ini (tp trafficnya bagus). (4) Fokus pd konten, isi yg menarik dan bermanfaat. Pengunjung pasti datang, kalo ia nulis komentar, syukurlah, itu kunjungan sempurna yg kita sangat inginkan. Klo pun pengunjung itu tdk menulis komentar, ini ttp traffic dan berpengaruh signifikan pada alexa rank. (5) dg blog hrsnya semua soal pagerank dan traffic, sekali lagi, menjadi sangat jauh lebih mudah karena kita bisa lebih dalam berinteraksi dg pemirsa, tidak seperti klo kita kelola situs statis (searah) tanpa fitur komentar. mengelola situs statis benar-benar hrs memikirkan konten agar berpeluang besar menarik pengunjung.

      Terima kasih mas anggi sudah berkunjung. ini traffic buat blog ini
      sy pasti berkunjung balik ke blognya mas anggi, dan sudah kok
      salam

  3. Fuvenanda says:

    Yah mas berarti artinya perpisahan donk? Sedih juga ya..Masih saya pakai mas gift itu akan selalu saya simpan dengan baik,senang bisa berkenalan dengan anda di dunia maya ini. Jangan sampai silaturahmi kita terputus ya mas..

  4. jay says:

    akuy kok tambah pusing ya mas??

  5. Pingback: Guide to make at least 1000 $ a month | Da Scaricare Gratis

  6. mymarketer says:

    manteb banget nih artikel..detail banget :D :D :D :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: