Lima Hal Soal Blogging

Lima Hal Soal Blogging

Image: Reuters

Waktu mulai nge-blog, tentu kita berharap orang lain mengunjungi blog kita. Kita ingin blog kita berhasil. Kalau membosankan, jangankan orang lain, teman kita sendiri ga bakalan mau nengok. Lima hal berikut paling tidak bisa menuntun kita on the right track sejak awal. 

1. Kepribadian

Blog sebaiknya mencerminkan kepribadian dan siapa penulisnya. Leburkan kepribadian dalam posting di blog. Menulislah seperti ketika kita bicara. Buat posting blog seperti obrolan. Gunakan suara khas kita untuk bercerita pada setiap posting. Suara khas itu yang membuat blog kita hangat dan menarik.

2. Opini

Salah satu komponen kunci kepribadian dan suara khas kita adalah opini kita. Jangan takut menyertakan opini pribadi pada posting. Tanpa opini kita, posting akan terasa garing seperti berita. Yang menjadikan blog menarik adalah opini pribadi penulisnya.

3. Partisipasi

Jangan hanya menulis posting lalu membiarkannya. Kekuatan sebuah blog berasal dari komunitas yang ada di sekelilingnya. Untuk membangun komunitas blog kita, pembaca harus dibuat merasa bahwa mereka terlibat dalam percakapan timbal balik. Jika seseorang menulis komentar, jawablah. Jika pembaca mengirim pertanyaan dan komentar langsung melalui email, ya jawablah. Buatlah pembaca merasa penting dengan cara benar-benar berbicara dengan mereka.

4. Nilai

Blog sebaiknya menyajikan sesuatu yang bermanfaat atau menarik bagi pembaca, kalau tidak, pengunjung tidak mendapatkan apa-apa, jadinya hanya sekedar lewat. Blog sebaiknya bisa memberikan nilai tambah sehingga pembaca mau meluangkan waktu menelusuri apa yang disajikan. Kita dapat memberikan nilai tambah dengan menampilkan posting yang menyajikan bukan sekedar ulasan berita atau sederet daftar link. Posting sebaiknya benar-benar menyatakan sesuatu yang khas melalui suara kita, pendapat kita dalam nuansa obrolan timbal balik.

5. Jangan kemana-mana

Jangan buat posting lalu menghilang selama seminggu atau sebulan. Blog yang berhasil selalu diupdate. Pembaca menginginkan kesinambungan informasi, komentar, atau terlibat dalam percakapan yang ada dalam blog. Jika pembaca merasa ditinggal, mereka akan pergi.

Home | About | Blogging | Daily Life | Insights | News | Videos | SEO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s