Apa Itu Blog?

Blog Itu Apa Sih? Apa itu Blog? djuyadi

Image:  DailyBlogTips

Blog (weblog) adalah situs web (website) berisi entri (post) yang tersaji dengan susunan kronologi terbalik. Entri terbaru muncul duluan (seperti jurnal harian). Blog biasanya memiliki fitur seperti komentar dan link untuk meningkatkan interaktifitas penggunannya. Blog dibuat dengan publishing software.

Istilah:

Blogging: Aktifitas menulis post pada blog

Blogger: Orang yang menulis konten blog

Blogosphere: Komunitas online blog dan blogger

Sebelum Blogging:

Ada masa ketika internet hanya berfungsi sebagai media informasi. Pada masa awal World Wide Web kira-kira 20 tahun lalu, situs-situs web sangat sederhana dan hanya menyajikan percakapan satu arah. Sejalan waktu, Internet menjadi semakin interaktif dengan munculnya situs-situs web berbasis transaksi dan belanja online, tetapi dunia online ini masih tetap satu arah.

Semua ini berubah dengan evolusi Web 2.0 (web sosial) dimana konten yang dihasilkan pengguna (user-generated content) menjadi bagian integral dunia online. Kini, pengguna menginginkan situs-situs web menyajikan  percakapan dua arah dan lahirlah web log (atau blog).

Lahirnya Blog:

Blog paling awal bermula pada 1990 sebagai diary online. Orang menerbitkan informasi harian mengenai opini dan kehidupannya. Posting harian ini tersaji dengan susunan waktu terbalik. Pembaca melihat posting terbaru terlebih dulu, baru kemudian dapat melihat posting sebelumnya. Formatnya menyajikan monolog pribadi bersambung penulisnya.

Sejalan perkembangan, ditambahkanlah fitur interaktif untuk menciptakan percakapan dua arah. Pembaca dapat memanfaatkan fitur yang membolehkan mereka menuliskan komentar pada posting blog atau membuat link pada posting di blog dan situs lain agar dialog dapat berlangsung lebih lanjut.

Blog Dewasa ini:

Karena Internet menjadi semakin sosial, blog menjadi semakinn poopuler. Kini, ada lebih dari 100 juta blog dengan lebih banyak lagi blog baru bergabung ke blogosphere setiap harinya. Blog menjadi lebih dari sekedar diary online. Blog sudah menjadi bagian penting dunia online dan offline dengan blogger-blogger terkenal menunjukkan pengaruh nyata pada dunia politik, bisnis dan masyarakat dengan tulisan-tulisannya.

Masa Depan Blog:

Tampaknya tidak bisa dibantah bahwa blogging akan menjadi semakin powerful di masa depan dengan lebih banyak orang dan bisnis mengakui kekuatan para blogger sebagai kelompok online yang berpengaruh. Siapapun dapat memulai dan membuat blog berkat tools yang sangat simple (dan seringkali gratis) yang tersedia online. Pertanyaannya kini bukan “Kenapa Aku harus nge-blog?”, tetapi “Kenapa Aku tidak nge-blog?”

Home | About | Blogging | Daily Life | Insights | News | Videos | SEO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s