5 Tips Memilih Topik Blog

5 Tips Memilih Topik Blog

Image: Number 5

Agar berhasil, membangun blog sebaiknya disertai komitmen waktu dan usaha. Ikuti lima tips memilih topik blog yang akan menuntun kita mencapai tujuan tsb.

1. Pilih topik yang membuat kita bergairah

Blog sebaiknya terus dan sering diupdate. Jika ingin berhasil, kita perlu menjaga kesegaran isi, ini artinya kita harus secara konsisten mengupdate blog kita. Pastikan kita memilih topik blog yang benar-benar memberi kita gairah. Kalau tidak, menulis di blog akan membuat kita mudah lelah. Kita dituntut dapat tetap termotivasi dengan topik blog kita dalam jangka waktu lama.

2. Pilih topik yang senang kita diskusikan dengan orang lain

Blog bisa berhasil jika ada komunikasi dua arah antara  penulis dan pemirsanya. Ketika pembaca menulis komentar atau mengirim email untuk mendiskusikan lebih jauh posting kita, kita dituntut responsif dan reseptif. Keberhasilan jangka panjang blog kita akan bergantung pada rasa kebersamaan komunitas.

3. Pilih Topik yang mau kita perdebatkan dengan orang lain

Blogosphere dihuni orang dari beragam kehidupan dengan beragam opini. Sewaktu blog kita mulai berkembang akan ada lebih banyak orang menemukannya dan sebagian orang tsb boleh jadi tidak setuju dengan apa yang kita tulis. Blogger yang berhasil menikmati mendiskusikan topik blognya dari semua sudut pandang dan menghargai perdebatan sehat.

4. Pilih topik yang tidak terlalu sensitif untuk kita

Ketika blog semakin banyak orang menemukan blog kita, banyak yang tergerak untuk bukan saja menyatakan ketidaksetujuan dengan kita, tetapi benar-benar sangat tidak setuju dengan kita dan boleh jadi menyerang kita secara pribadi. Kita harus bisa menangani serangan pribadi dan opini-opini oposan.

5. Pilih topik yang senang kita selidiki

Blogosphere terus-menerus berubah dan salah satu aspek paling khasnya adalah kemampuannya menyediakan konten dan perbincangan segar dan bermanfaat mengenai beragam topik. Agar blog kita berhasil kita harus menikmati membaca topik blog kita dan tetap up-to-date dengan berita dan kejadian terkait sehingga kita bisa menjaga konten blog kita tetap menarik dan relevan bagi pembaca.

Home | About | Blogging | Daily Life | Insights | News | Videos | SEO

One thought on “5 Tips Memilih Topik Blog

  1. Pingback: 5 Tips Memilih Topik Blog « Sudji’s Weblog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s