Promosi Blog: Link PageRank Index Traffic

djuyadi expressing thoughts and ideasBagian paling menarik dan menantang dalam urusan blogging adalah bagaimana mempromosikan blog yang kita buat agar bisa dikenali orang. Ya supaya ada komunikasi. Supaya apa yang kita tulis di blog bisa sampai ke pembaca dan ada hubungan timbal balik. Ide, pemikiran atau apapun bisa lebih bermanfaat jika tersampaikan ke khalayak. Ide, pemikiran juga dengan cara seperti itu bisa teruji dan sudut pandang yang dikandungnya meluas.

Ada dua hal menyangkut bagaimana sebuah blog bisa terpromosikan: PageRank dan Traffic. PageRank menentukan ada di urutan berapa blog kita tertulis di search results. Bagusnya di halaman satu dan di urutan satu bukan? supaya orang mudah menemukan apa yang kita tulis dalam blog.

Apa yang menentukan PageRank? Backlink! Yakni link yang berasal dari blog atau situs lain yang mengarah ke blog kita. Google memang menentukan seperti ini. PageRank ditentukan salah satunya oleh berapa banyak backlink yang mengarah ke situs kita. Backlink ini seperti pemilih (voter).

Bayangkan kita menjadi kandidat dalam suatu pemilihan. Untuk mendapatkan posisi yang kita incar kita harus mendapatkan sebanyak mungkin pemilih. Kandidat dengan pemilih terbanyaklah yang mendapatkan kursi. Backlink bisa kita ibaratkan seperti ini. Untuk meraih posisi tertinggi di search result kita harus dapat sebanyak mungkin backlink.

Ada banyak cara untuk mendapatkan backlink. Yang paling mudah adalah dengan menulis komentar di blog orang lain. Dengan cara ini kita bisa mendapat backlink. Langkah lain adalah dengan mendaftarkan blog kita di direktori blog. Cara ini juga memberi kita backlink. Backlink juga bisa didapat dengan sengaja mengajak pemilik blog lain bertukar link. Kita buat link yang mengarah ke blog mereka, lalu mereka juga melakukan hal sebaliknya. Natural backlink, cara lainnya, bisa didapat dengan membuat post menarik dan bermanfaat sehingga kemudian orang tertarik untuk membuat rujukan ke post tsb. Post yang bagus dan menarik membuat orang lain terdorong untuk membicarakannya kembali dan menulis ulasan di blognya dengan memberi anchor teks yang merujuk ke blog kita.

Backlink yang kita dapat dengan beragam cara seperti di atas ternyata tidak sama nilainya. Backlink rupanya terkatagori menjadi dofollow dan nofollow. Dofollow backlink diperhitungkan oleh Google menjadi penentu PageRank sementara nofollow backlink tidak. Backlink yang didapat dengan cara memberi komentar di blog orang lain adalah nofollow backlink, kecuali jika blog dimana kita memberi komentar itu adalah dofollow blog. Blog setup awalnya adalah nofollow. Agar blog menjadi dofollow diperlukan setup tambahan. Backlink yang didapat dengan sengaja meminta pertukaran link, tentu saja dofollow dan ini berpengaruh pada kenaikan PageRank.

Jadi harus bagaimana? Haruskah sebanyak-banyaknya kita mengejar backlink? Ya! Dofollow maupun nofollow. Walau tidak berpengaruh pada kenaikan PageRank, nofollow backlink tetap diperlukan karena tetap diindex oleh Google, itu artinya, walaupun tidak mempengaruhi kenaikan PageRank, nofollow link tetap muncul di search result. Traffic bisa didapat dengan cara ini.

Home | About | Blogging | Daily Life | Insights | News | Videos | SEO

11 thoughts on “Promosi Blog: Link PageRank Index Traffic

  1. memang cari backlink tidak mudah, kecuali kita buat sendiri blog dummy yang banyak, tapi tentu menguras tenaga, waktu dan biaya. sangat tidak efektif bagi kita yang sibuk dengan pekerjaan setumpuk di kantor. oleh karena itu, saya titip backlink ya disini, hehehe…blog saya tentang Skripsi Psikologi Lengkap. terima kasih ya..

    Reply
    • Terima kasih sudah berkunjung. Backlink dan teman-temannya dst itu kan urusan SEO ya… Lepas dari hal-hal ini blogging bisa kita dekati dari sisi lain. SEO itu optional kan, kita sendiri yang menentukan. Ada yang memelesetkan BLOG=Better Linstings On Google. Merujuk ke pelesetan ini SEO menjadi penting, tetapi ada juga yang bilang Google is not God. Mungkin maksudnya ga perlu ngoyo-ngoyo lah ngejar PageRank dan segala macam. Yang penting dengan blogging kita bisa saling kenal dengan lebih banyak orang.

      Reply
  2. Owh gitu .. oh ya gan saya mau nanya nea !! pertama kali agan buat blog kan pasti sepi nah saya boleh tau ga kiat-kiat agan ampe blognya agan terkenal seperti sekarang ini ? dan butuh waktu berapa lama untuk bisa kayak blog agan ini ? thx

    Reply
    • sy si nulis apa yg saya suka dan saya rasa bermanfaat aja ya. google bilang content is king. lalu soal pengunjung… sy biarkan mengalir apa adanya
      terima kasih ya

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s