Browser Dan Search Engine

Ada banyak hal yang harus kita ketahui. Ini itu, masing-masing dengan namanya sendiri. Begitu banyaknya, seringkali membuat kita bingung. Terkait urusan berselancar di Internet, ada Browser dan Search Engine. Apa sih sebenarnya kedua hal ini?

Browser dan Search Engine search box address bar djuyadi

Setiap kali kita mengakses Internet, kita buka aplikasi, mengetikkan sesuatu di search-box atau di address-bar dan tampillah hasilnya. Inilah yang disebut browser, aplikasi yang kita gunakan untuk berselancar di Internet. Untuk menulis teks (surat dsb) kita menggunakan Word Processor (MS Word dll), untuk membuat daftar dalam tabel kita menggunakan Spread Sheet (MS Excel dll), untuk berselancar (surfing) di Internet kita menggunakan Browser. Kalau Anda penyuka facebook misalnya, ketika ingin mengupdate status atau hal-hal lain, facebook Anda tampil dalam browser. Tulisan yang sedang Anda baca ini, Anda baca melalui Browser. Anda sedang menggunakan Browser.

Browsers Opera Chrome Firefox Internet Explorer djuyadi

Seperti aplikasi lainnya, Browser ini tersedia macam-macam. Yang umum digunakan: Firefox (dari Mozilla), Opera (dari Opera), Internet Explorer (dari Microsoft) dan Chrome (dari Google). Masing-masing Browser memiliki kelebihan dan kekurangan, masing-masing menerapkan teknologinya sendiri. Tetapi fungsi utamanya sama, menyediakan kotak pencarian dan menampilkan informasi yang tersedia di Internet (text, image, video dsb) sehingga mudah kita nikmati. Browser adalah antar muka (interface) antara kita dan Internet.

Kita tidak melihat proses sebenarnya yang dikerjakan browser ini, kita tidak melihat proses di balik layar yang sebenarnya terjadi. Yang kita tahu, sebagai pengguna, kita mengetikkan sesuatu atau klik sana sini dan melihat tampilan muncul dan menghilang silih berganti mengikuti klik sana klik sini yang kita lakukan.

Browser dan Search Engine djuyadi

Ada Search Engine, sebenarnya, yang bekerja bareng dengan Browser. Ketika kita mengetikkan sesuatu lalu Enter,  Search Engine-lah yang bekerja melakukan pencarian di database. Hasil yang didapat diberikan kembali ke Browser, lalu Browser menampilkannya untuk kita dalam format yang mudah kita mengerti. Search Engine-nya dimana? Ia tidak tampak, ia bekerja di balik layar. Search Engine juga sebenarnya bekerja dengan teman-temannya yakni crawler atau indexer atau robot atau bot.

Browser dan Search Engine djuyadi

Sederhananya, proses yang berlangsung adalah: (1) Pengguna membuka Browser, memerintahkan pencarian (2) Browser minta tolong Search Engine untuk mencarikan (3) Jika sudah didapat, hasilnya dikembalikan ke Browser dan (4) Browser menampilkannya untuk kita. Semuanya berlangsung sangat cepat sehingga kita tidak mengetahui proses sesungguhnya yang terjadi.

Home | About | Blogging | Daily Life | Insights | News | Videos | SEO

One thought on “Browser Dan Search Engine

  1. Pingback: Submit Ke Search Engine « Sudji’s Weblog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s