Google PageRank: Gimana Sih Google Ngitungnya?

PageRank: Bagimana Menghitung PageRank?

Pasca Google PageRank Update 3 April 2010, jadi ada pertanyaan. Sebenarnya hal yang mana sih yang sungguh-sungguh menyebabkan kenaikan PageRank? Gimana sih sebenarnya Google ngitungnya?

Blog ini baru dibuat pertengahan Februari 2010 (posting paling awal 15 Februari 2010) dan pada Google PageRank Update 3 April 2010 kemarin dapet PageRank 3/10. Senang ya senang, memang itu yang diinginkan dan memang ada yang sengaja diusahakan untuk mendapatkan PageRank. Tapi ada hal lain yang juga penting yakni bagaimana mengetahui apa sebenarnya yang menyebabkan kenaikan PageRank. Dari semua yang sudah dikerjakan, yang mana saja yang benar-benar berpengaruh signifikan?

Bagaimana Menghitung PageRank

Mengetahui soal ini pentng artinya, bukan saja dalam urusan PageRank tapi juga dalam urusan lain secara umum. Mengetahui apa yang hendak dicapai, apa yang bisa diusahakan, bagaimana cara mengukur kesesuaian usaha dan tujuan, sangat penting artinya supaya kita benar-benar mengerti apa yang terjadi, supaya dengan begitu kita bisa lebih tenang melangkah.

Kan enak sekali ya kalau kita mengusahakan sesuatu sambil kita bisa menilai sendiri langkah kita; sudah benar atau belum, mana yang perlu mana yang tidak. Apalagi kalau bisa mendapatkan prediksi mengenai apa yang akan terjadi di depan. Langkah kita jadi lebih antisipatif. Kalau tidak begitu, dalam urusan PageRank ini misalnya, bagaimana kita tahu cara mempertahankannya? Lebih-lebih kalau berpikir bagaimana cara terus menaikkannya? Blank! sebab kenaikan yang sekarang ini saja belum bisa dimengerti.

Apa saja yang sudah dikerjakan?

Mengikuti saran mereka yang sudah berpengalaman, blog ini ya dikenalkan: (1) submit ke search engine, (2) daftar ke direktori dan sosial bookmark lalu (3) memberi komentar di blog orang lain dan (4) tukeran link. Fokusnya memang PageRank. Karena (katanya) PageRank ini berkutat seputar link, jadi yang sudah dikerjakan itu (istilah kerennya) ya link building. Tapi gimana cara ngukur masing-masing langkah itu ya, mana yang berpengaruh mana yang tidak? Yang berpengaruh, seberapa besar pengaruhnya buat PageRank?

Home | About | Blogging | Daily Life | Insights | News | Videos | SEO

5 thoughts on “Google PageRank: Gimana Sih Google Ngitungnya?

    • Halo Mas Octa
      Pertanyaan itu emang beneran pertanyaan … he he…
      diulang ya… “gimana sih google ngitungnya?”
      Terima kasih sudah berkunjung
      Saya ikuti salamnya ya
      Salam Kreatif

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s