Submit Ke Search Engine

Submit ke Search Engine bisa diketahui berhasil tidaknya dengan cara mengetikkan nama domain blog kita di search-box, lalu lihat hasilnya di search result. Jika blog kita tertera di situ, itu artinya Search Engine sudah menemukan blog kita. Makanya melalui Browser apa yang ditemukannya bisa ditampilkan.

site:djuyadi.wordpress.com

Ini sesuai dengan apa yang bisa kita ketahui mengenai kerja Search Engine. Ia melakukan crawl mencari apa yang ada di dunianya (Internet) lalu mencatat (membuat cache), mengindex kemudian memberi peringkat. Kalau kita mengetikkan sesuatu di search-box kemudian tidak menemukan apa yang kita inginkan, ada dua kemungkinan: (1) apa yang kita cari memang tidak ada di database atau (2) sudah ada tapi belum terindex karena belum disatroni si Search Engine. Jadinya Browser tidak bisa menampilkan apa-apa.

Apa memang perlu dengan sengaja kita submit blog kita ke Search Engine? Sebenarnya tidak sih karena mereka secara  periodik terus menerus melakukan kerjanya. Kita bisa coba buat blog lalu biarkan. Beberapa waktu kemudian dengan cara seperti di atas blog yang kita buat itu akan terlihat di search result. Submit ke Search Engine dengan sengaja, lebih didasari alasan karena kita ingin mengenalkan blog kita ke lebih banyak Search Engine. Biar lebih banyak yang menyatroni sehingga lebih mudah ditemukan.

Mengenai indexing sebenarnya ada teknologi terbaru yang disebut PuSH (Pubsubhubbub) dari Google. Selama ini proses indexing data di Internet bertumpu pada Search Engine. Downside-nya, kita yang memberi konten dengan cara posting hanya bisa menunggu kedatangan Search Engine untuk melakukan crawl dan mengindex konten kita. Kita tidak bisa mengatakan pada Google “Tolong index ini sekarang” Kita hanya menunggu. PuSH mengubah semua ini. Dengan PusH (Pubsubhubbub) posting kita langsung terindex sesaat setelah kita menekan Publish button. Jika kita menggunakan Firefox ini bisa kita lihat pada perubahan angka Pages Indexed Google  di WebRank Toolbar.

pages_index firefox webrank toolbar

Masih perlukah submit ke Search Engine? Ya karena Search Engine bukan hanya Google. PuSH berlaku pada Google dan platform lain yang memang sudah mengadopsinya.

Home | About | Blogging | Daily Life | Insights | News | Videos | SEO

3 thoughts on “Submit Ke Search Engine

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s