8 Google Chrome Extension Terfavorit

Popularitas Google Chrome menanjak, tetapi walaupun para web designer biasanya adalah bagian dari mereka yang paling awal mengadopsi teknologi web terbaru, mereka tidak buru-buru mengubah kebiasaan kerja dan tool yang digunakannya dengan mengganti browser sampai mereka benar-benar merasa yakin semua fitur yang mereka butuhkan memang tersedia.

Sejak Chrome’s extension diluncurkan, browser ini menjadi tool yang semakin bisa diandalkan untuk design dan pengembangan web. Apakah ia bisa menggantikan Firefox atau tidak bergantung pada pilihan dan kebutuhan anda. Anda tidak akan tahu kecuali mencobanya sendiri. Itu sebabnya kami telah berbicara dengan para profesional web disain berpengalaman mengenai Chrome untuk bisa membuat daftar extension di bawah ini yang akan membantu anda melakukan transisi.

Kami telah kumpulkan pilihan favorit para disainer di bawah ini, disertai komentar mereka mengenai apa yang membuat extension-extension itu memang layak digunakan. Anda punya pilihan extension lain?


1. Firebug Lite


Extension yang satu ini sangat-sangat direkomendasikan selama kami berbicara dengan para disainer berpengalaman. Pemilik POSTSCRIPT5 Grace Smith menjelaskan: “Firebug Lite bisa digunakan untuk memeriksa HTML, CSS dan Javascript secara live pada setiap halaman. Anda juga bisa mengedit code dan test perubahannya segera.”

Firebug mulanya adalah extension Firefox, versi Chrome muncul belakangan. “Walau belum sesempurna versi Firefox, Firebug sangat cocok digunakan untuk pemeriksaan elemen halaman,” kata Smith.


2. Speed Tracer


Speed Tracer mencatat berapa lama web app anda bekerja pada bermacam task dan melakukan perkiraan pada tahap mana kemacetan terjadi. Anda bisa menggunakan informasi ini untuk mempercepat operasi aplikasi yang digunakan user. Extension ini memberi tahu anda berapa waktu yang dibutuhkan browser melakukan interpretasi Javascript, misalnya.

Kekurangan Speed Tracer, ia agak rumit dan tidak mudah digunakan. Misalnya, anda harus menjalankan browser dengan command line flag, “-enable-extension-timeline-api.” Mengenai ini pencipta Web Developer Toolbar Chris Pederick mengatakan, “Agak menyulitkan pada mulanya dan saya masih belajar bagaimana menggunakannya, tetapi karena performance terus menjadi faktor penting dalam urusan pengembangan situs, Speed Tracer menjadi tool yang memang bagus.”


3. Pixlr Grabber


Anda bisa menggunakan extension ini untuk memilih area visible screen –area yang anda pilih sendiri atau keseluruhan screen- untuk kemudian diekpor ke file image. Anda juga bisa share screnshot-nya ke Pixlr imm.i atau mengeditnya di Pixlr editor. Pixlr Grabber merupakan tool yang bagus untuk analisis karya anda sendiri atau menikmati karya orang lain.

Fiturnya keren, tetapi kekurangannya adalah speed. Editor Design Informer Jad Limcaco menyebutnya, “sangat berguna, terutama ketika anda perlu melakukan screenshot sesuatu dengan cepat.”


4. Eye Dropper


Dengan EyeDropper anda bisa mengidentifikasi jenis warna situs yang sedang anda lihat. EyeDropper dilengkapi color picker tool yang akan memberitahu anda pixel’s HTML color code dan RGB level. Setelah memilih warna anda juga akan melihat dimana tempat warna itu di color wheel.

Grace Smith menjelaskan EyeDropper adalah “color picker yang sederhana yang memungkinkan anda memilih area suatu halaman web untuk melihat jenis warna apa yang digunakan.”


5. Picnik


Picnik bisa dikatakan sebagai alternatif Pixlr Grabber karena Picnik membantu anda meng-capture image dari website dan mengeditnya on the fly, tetapi berbeda dari Pixlr Grabber. Picnik tidak hanya menangkap image dari area tertentu halaman web; Picnik bisa memisahkan dan mengedit gambar yang sudah ada pada halaman web. Editing tool-nya mudah digunakan, tetapi tentu tidak se-powerful Photoshop.

Presidet C3M Digital Chris Olbekson menyarankan menggunakan Picnik. “Saya menggunakan Piknik versi Chrome untuk menangkap dan mengedit image di browser,” katanya. “Saya juga menggunakan Picnik untuk mengambil screen shot halaman web yang sedang saya desain agar bisa mendapatkan jejak perubahannya.”

Picnik sudah diambil alih oleh Google.


6. Web Developer Toolbar


Web Developer Toolbar mulanya adalah popular Firefox extension, tetapi kini tersedia untuk Chrome juga. Web Developer Toolbar bisa melakukan banyak hal: CSS, HTML, form, dan image. Anda cuma melakukan klik di sudut kanan atas browser untuk melihat semua option. Anda bisa melihat CSS atau menonaktifkan CSS style, mengubah ukuran elemen dsb.

Chris Pederick menciptakan Web Developer Toolbar untuk Firefox, dan kini ia sedang bekerja untuk mengembangkan Web Developer Toolbar untuk Chrome. “Ia masih dalam tahap awal pengembangan, tetapi merupakan langkah awal yang baik untuk memindahkan fitur-fitur dari versi Firefox ke versi Chrome,” katanya. “Saya sedang bekerja untuk release berikutnya sekarang ini, bahkan dengan fungsi ‘Edit CSS’.”


7. Lorem Ipsum Generator


Gunakan extension ini untuk menghasilkan dummy teks acak on the fly sehingga anda bisa mengisi desain anda dan mendapatkan rasa estetik sebelum desainnya benar-benar jadi. Hanya butuh beberapa klik, dan sama sekali tidak rumit. Grace Smith menyebut Lorem Ipsum Generator ini “a web designer’s favorite filler. Ia juga mengatakan “sangat mudah, minimalis dan tidak banyak makan memori.”


8. Pendule


Pendule adalah pop-up control panel yang di-load dengan tasks yang berguna bagi para developer. Seperti Web Developer Toolbar, Pendule bisa berfungsi sebagai catch-all extension bagi para desainer. Jade Limcaco menyebutnya “a very powerful tool” yang “memungkinkan anda melakukan banyak hal.” Sebagian dari fitur utamanya: pixel ruler, eye dropper, color picker, dan beberapa script validator.


This series is supported by Wix.com, an online design tool that enables you to create limitless amounts of Flash websites, social network layouts, and more. Learn more about Wix here.

Home | About | Blogging | Daily Life | Insights | News | Videos | SEO

2 thoughts on “8 Google Chrome Extension Terfavorit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s