Google PageRank: Bagaimana Cara Kerjanya

Diagram dari Si Fishkin di SEOMoz ini menjelaskan bagaimana formula PageRank bekerja.

Penjelasan umum sederhana mengenai PageRank;

pagerank-flow-1

Anda yang ingin mengetahui lebih dalam, Rumus PageRank original bisa ditemukan di sini. Gambar di bawah ini menjelaskan bagaimana suatu halaman mendapatkan PageRank:

pagerank-flow-2Berikutnya, bagaimana halaman mengalirkan PageRank:

pagerank-flow-3

Untuk memahami PageRank lebih dalam, diberikan beberapa contoh, dari yang sederhana hingga yang lebih kompleks:

pagerank-flow-4Pada rumus PageRank original, nilai suatu link terbagi rata pada jumlah link yang ada pada suatu halaman. Boleh jadi sekarang ini tidak lagi berlaku seperti itu, tetapi konsep awal itu tetap penting untuk dipahami. Gambar berikut menjelaskan contoh yang lebih kompleks yang menunjukkan bagaimana PageRank mengalir keluar masuk di antara halaman yang saling terhubung dengan link:

pagerank-reciprocalTerakhir, contoh yang menunjukkan bagaimana PageRank bisa “bocor”. Diagram ini lebih akurat menggambarkan konsep yang berusaha dijelaskan oleh Rand Fishkin. Kebocoran ini tidak terjadi seperti pada skenario “wadah bocor”, melainkan karena PageRank yang sebenarnya bisa mengalir ke halaman yang ada di suatu situs, sekarang menghilang ke Wikipedia.

pagerank-flow-6Konsep “bocor” PageRank ini menunjukkan ‘retak’ utama algoritma PageRank semenjak ia menjadi konsumsi publik. Seperti kotak Pandora, jika mereka yang membuat halaman untuk mendapat ranking di Google menyelidiki prinsip-prinsip yang mendasari PageRank, mereka akan menyadari bahwa membuat link ke luar dari situs akan menyebabkan lebih banyak kerugian dibanding keuntungan. Jika banyak sekali website menerapkan filosofi ini, akan ada akibat negatif terhadap konsep “link sebagai vote” dan sebenarnya merusak potensi Google. Boleh jadi Google sudah banyak melakukan perubahan dan memperbaiki algoritma PageRank. Namun pengenalan mendalam terhadap algoritma originalnya menjadi penting dan menentukan bagi mereka yang berkecimpung dalam optimasi Google. Sebagai bahan untuk dipikirkan, di bawah disajikan gambar yang menunjukkan bahwa pasti ada konsep lain selain one way link sebagai aliran nilai seperti yang ada PageRank.

pagerank-old-vs-new(1)

Home | About | Blogging | Daily Life | Insights | News | Videos | SEO

2 thoughts on “Google PageRank: Bagaimana Cara Kerjanya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s