Apa Itu Dofollow? Apa Itu Nofollow?

Dofollow adalah istilah yang diberikan untuk halaman atau situs yang tidak menggunakan nofollow. Nofollow adalah atribut pada hyperlink yang memerintahkan  search engine untuk mencegah lewatnya kredibilitas atau pengaruh ke suatu outbound link. Semula diciptakan untuk membantu komunitas blogging mengurangi jumlah link yang masuk pada bagian komentar suatu halaman blog, atribut ini sekarang menjadi standar pada komentar blog. Nofollow membantu para webmaster menghadang spammer mendapatkan keuntungan dengan menyusupkan link yang tidak diinginkan pada suatu halaman yang banyak dikunjungi.

Sebagai akibat dari penggunaan nofollow: link building terkena imbas luas, banyak situs termasuk Wikis, social bookmarking site, blog korporat dan personal, plugin dan banyak applet lain di internet mulai menerapkan nofollow. Ini membuat link building menjadi sulit dikerjakan baik bagi spammer maupun bukan. Tidak ada salahnya mendapatkan nofollow link. Sebenarnya harus diusahakan mendapatkan jumlah seimbang antara dofollow dan nofollow link. Walaupun tidak mengalirkan link juice, nofollow link ini membantu mempopulerkan situs kita dengan anchor text.

Bagaimana Search Engine Menggunakan nofollow

Masing-masing search engine memperlakukan nofollow dengan cara berbeda.

  • Google mengikuti nofollow link tetapi tidak mengalirkan nilai pada outbound link yang ditandai dengan atribut nofollow
  • Yahoo mengikuti nofollow link dan mengesampingkan link ini dari semua penghitungan ranking
  • MSN kadang mengikuti kadang tidak nofollow link, tetapi tegas mengabaikan nofollow link dari penghitungan ranking.
  • Ask.com tidak terlalu mempehatikan nofollow.

Menemukan situs dofollow

Dengan semua hal seperti di atas, tidaklah mudah menemukan situs-situs yang dofollow, tetapi situs-situs ini memang ada.

Jangan lakukan spamming

Melakukan spam terhadap situs dofollow tidak akan memberikan hasil baik. Bukan cuma itu, cara ini bisa merugikan komunitas keseluruhan dan mendorong penyedia dofollow untuk kembali mengubah situsnya menjadi nofollow. Pastikan semua link yang anda bangun dikerjakan dengan jujur dan masuk akal. Jika anda tidak mempermainkan keyword dan memberikan akun jujur mengenai situs anda, search engine akan memberi anda keuntungan.

Dalam mendapatkan link, baik dofollow atau bukan, harus diingat bahwa Google dan search engine lain sudah lebih cerdas sekarang ini. Jika anda mempunyai multiple link yang menuju ke suatu halaman dari satu sumber dofollow, atau jika sumber itu juga memiliki link ke tempat lain yang memberi anda backlink (seperti akun blogspot atau wordpress) search engine akan mengetahui dan mungkin mengabaikan link seperti ini sehingga link itu tidak jadi tidak berguna. Bangun link secara natural sedikit demi sedikit. Isikan nilai dan anda akan dapatkan link yang bernilai. Kalau tidak, anda akan merugikan upaya link building yang sudah dibangun untuk situs anda. Soal link building ini, perlu diketahui, hanya link pertama yang menuju ke suatu situs yang dihitung. Membuat lebih banyak link pada satu halaman yang sama ke suatu tempat yang sama tidak akan berarti apa-apa.

Bagaimana menemukan dofollow link

Jika anda menggunakan Firefox, cara termudah untuk menemukan dofollow link adalah dengan menemukan yang sebaliknya, yakni nofollow. Plug in gratis SearchStatus bisa melakukan hal ini; ia akan menandai semua nofollow link pada suatu halaman. Yang lain yang tidak ditandai adalah dofollow.

Sumber: What is DoFollow?

Home | About | Blogging | Daily Life | Insights | News | Videos | SEO

35 thoughts on “Apa Itu Dofollow? Apa Itu Nofollow?

    • o iya… masih kurang enak dibaca ya… diterjemahin dari artikel orang lain si and masih keburu-buru, tar coba diperbaiki deh. thx sudah berkunjung

      Reply
  1. Mantap banget tuh om infonya, maklum saya masih newbie di duniablogging…
    dengan artikel di atas saya jadi lebih tau tentang dofollow.
    thanks om ^^

    Reply
  2. Maaf mas, saya kurang mengerti, maklum msh baru d dunia blogging. Bahasanya agak berat buat saya..mudah2n perlahan saya mengerti….
    Anyway, makasih buat info nya…

    Reply
    • Tulisan itu saya terjemahkan dari artikel di blog lain, saya belum dengan sengaja memperbaiki bahasanya jadi masih terjemahan harfiah, tapi mudah2an pelan2 bisa juga dicerna. Terima kasih ya sudah berkunjung.

      Reply
    • belum tentu, sekali lagi tergantung setting yang ditentukan oleh pemilik forumnya, apakah outbound linknya dofollow atau tidak. jadi tidak bisa dipastikan kalau kita membuat link di forum kemudian link itu adalah dofollow link.
      terima kasih sudah berkunjung
      salam

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s