Apa itu rel=”nofollow”?

“Nofollow” adalah cara bagi webmaster untuk memberi tahu search engine “Jangan ikuti link dari halaman ini” atau “Jangan ikuti link yang ini”.”

Mulanya, atribut nofollow muncul pada page-level meta tag, dan memberi tahu search engine untuk tidak mengikuti (crawl) setiap outgoing link dari halaman ini.

 <meta name="robots" content="nofollow" />

Sebelum nofollow digunakan pada individual link, mencegah robots/crawler agar tidak mengikuti individual link pada suatu halaman membutuhkan banyak sekali usaha (misalnya dengan redirect link ke URL yang diblok di robots.txt). Itu sebabnya diciptakan nofollow untuk atribut rel. Atribut ini memberi lebih banyak keleluasaan bagi webmaster: tidak saja webmaster bisa memberi tahu bots untuk tidak mengikuti semua link pada suatu halaman, tetapi atribut ini juga memudahkan memberi tahu robots agar tidak melakukan crawl pada suatu link tertentu. Misalnya:

 <a href="signin.php" rel="nofollow">sign in</a>

Bagaimana Google menangani link dengan nofollow?

Secara umum, kami tidak mengikuti link seperti ini. Ini berarti Google tidak mengalirkan PageRank atau anchor text melewati link ini. Intinya, penggunaan nofollow menyebabkan kami mengabaikan link ini. Namun halaman yang ditujunya masih tetap muncul pada index kami jika ada situs lain yang memiliki link tanpa nofollow ke halaman itu, atau jika URL disubmit ke Google menggunakan Sitemap. Juga penting untuk dicatat bahwa search engine lain mungkin menangani nofollow dengan cara sedikit berbeda.

Apa kebijakan Google dan contoh specifik mengenai penggunaan nofollow?

Berikut ini adalah beberapa kasus dimana anda mungkin ingin menggunakan nofollow:

  • Konten yang tidak dipercaya: Jika anda tidak bisa atau tidak mau mempercayai konten halaman yang anda link dari situs anda –misalnya, komentar atau isi guestbook yang tidak bisa dipercaya—anda harus menggunakan nofollow pada link-link ini. Ini bisa menurunkan semangat spammer menjadikan situs anda sebagai targetnya, dan akan membantu menjaga situs anda tanpa terkendali mengalirkan PageRank ke lingkungan yang buruk di web. Diharapkan comment spammer tidak  lagi menjadikan content management system atau layanan blog sebagai targetnya setelah mereka tahu link yang mereka buat adalah nofollow. Jika anda ingin menerima dan memberi kepercayaan  pada para kontributor, anda bisa secara otomatis atau manual menghilangkan atribut nofollow pada link yang diposkan oleh anggota atau user yang secara konsisten memberikan kontribusi bernilai.
  • Paid link: Ranking suatu situs di Google search results sebagian didasarkan pada analisis mengenai situs lain yang me-link ke situs ini. Untuk mencegah paid link mempengaruhi search results dan menimbulkan pengaruh buruk pada user, kami menganjurkan para webmaster menggunakan nofollow pada link semacam ini.
  • Crawl prioritization: robots search engine tidak bisa sign in atau register sebagai anggota pada forum anda, jadi tidak ada alasan untuk mengundang Googlebot mengikuti link “register here” atau “sign in”. Menggunakan nofollow pada link ini memungkinkan Googlebot tidak melakuan crawl pada link ini teapi melakukan crawl pada halaman-halaman lain yang lebih anda pilih agar muncul di Google index. Namun, arsitektur informasi yang solid –navigasi intuitif, URL yang user dan search engine friendly, dsb—  jauh lebih produktif dibanding fokus pada crawl prioritization dengan nofollow link.

Sumber: Google Webmaster Central

Home | About | Blogging | Daily Life | Insights | News | Videos | SEO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s