Darimana Anda Tahu Password Facebook Saya?

facebook

Dari mana anda mengetahui password Facebook saya?
pernah sekali anda posting menggunakan account saya dengan redirec ke https://djuyadi.wordpress.com/
saya peringatkan anda untuk tidak lagi membuka account facebook saya.

Email ini masuk seminggu lalu, 2010/4/21, dari seseorang, tidak kenal, sewaktu lagi asik-asik nyari bahan soal PageRank.

Ga terlalu dipedulikan, walau menjengkelkan (maaf). Tapi akhirnya gatel juga ngomentari, lumayan buat bahan nambah-nambah tulisan.

Ada kontradiksi tajam, mungkin tidak disadari penulisnya. Di satu sisi ada kesulitan mendalam, “Dari mana anda mengetahui password Facebook saya?”, di sisi lain, berani mengambil kesimpulan dan memvonis, “saya peringatkan anda untuk tidak lagi membuka account facebook saya.”

”Dari mana anda mengetahui password Facebook saya?” mencerminkan kurang pengetahuan, atau wawasan cupet. Pantas kalau kemudian (mungkin) yang mengalaminya terkena emosi negatif: heran, jengkel, dst.

Untuk info saja, password, betapapun pribadinya, tetap saja berpeluang bisa diketahui orang lain. Silakan periksa soal (yang paling mudah) phising, misalnya. Atau mengenai hal sebaliknya –bagaimana suatu koneksi internet diharapkan bisa aman, misalnya untuk transaksi keuangan dsb– silakan tengok apa itu TLS dan SSL dengan nnn encryption dst.

Terlalu gegabah mengambil kesimpulan seseorang menggunakan password kita. Alasan yang dikemukakan seperti  “pernah sekali anda posting menggunakan account saya dengan redirec ke https://djuyadi.wordpress.com/” terlalu sedikit dibanding banyak faktor yang harus diketahui mengapa hal seperti ini bisa terjadi.

Lagipula apa sih maksudnya, “… dengan redirec ke…” ? Saya cuma tahu ada Permanent 301 dan Temporary 302 redirects yang untuk kasus tertentu harus digunakan.

Sudahkan perilaku Facebooknya sendiri benar-benar dipahami? Kan bukan sekedar add atau remove teman lalu update status, lihat notif dst, dst. Bagaimana dengan apps? atau feed misalnya. Kalau anda punya blog dan blog anda terdaftar di blogged.com, sebagai contoh saja, post dari blog anda bisa terlihat di Facebook karena blogged.com punya app di Facebook. Atau via ping.fm, contoh lain lagi.

Pendeknya, terlalu banyak kemungkinan bagaimana suatu post atau apapun bisa masuk ke wall seseorang, jika memang ini yang dimaksud dengan “pernah sekali anda posting menggunakan account saya dengan redirec ke https://djuyadi.wordpress.com/

Terlalu prematur, langkah yang diambil itu.

Apa tidak lebih baik memperlengkapi diri dengan pengetahuan yang lebih banyak (bisa dipelajari pelan-pelan dan sedikit-sedikit ko) supaya kesenangan kita di dunia maya tidak menimbulkan kesulitan?

Berapa email anda terima setiap hari selain pemberitahuan update dari Facebook? 100? 200? Jika anda sudah intens berkomunikasi menggunakan email untuk mengurus banyak macam hal, anda pasti terbiasa menerima email spam, dalam jumlah banyak. Menjengkelkan karena menuh-menuhi ruang yang kita maksudkan sebenarnya untuk urusan yang kita anggap perlu.

Pertanyaannya bisa muncul serupa walau tidak sama persis benar. “Darimana spammer itu tahu email kita?” Kalau pertanyaan ini terus dipikirkan, kita jadi tambah jengkel. Tapi satu hal yang ingin saya sampaikan, betapapun menjengkelkannya email spam itu, lucu buangettt kalau kemudian kita mengirim email berisi “saya peringatkan anda untuk tidak lagi mengirimi saya email yang tidak saya perlukan…”

Lebih baik kita pelajari jauh lebih dalam segala sesuatunya. Produk hi-tech kini tersedia di hadapan kita dan akses ke situ sangat mudah. Boleh dibilang, apapun bisa kita kerjakan sekarang ini dengan produk teknologi ciptaan orang-orang pinter ini. Tapi ya… ada baiknya kita pelajari dulu lah, pelan-pelan, dikit-dikit, bagaimana perilaku teknologi ini. Atau, coba keluar sedikit deh, jangan cuma bermain di Facebook, biar wawasannya bisa melebar. Situs pertemanan bukan cuma Facebook. Paling tidak dengan cara ini kita bisa jadi lebih luas mendapatkan gambaran kalau sesuatu yang tidak kita sukai terjadi.

Home | About | Blogging | Daily Life | Insights | News | Videos | SEO

2 thoughts on “Darimana Anda Tahu Password Facebook Saya?

Leave a Reply

