Link di Blogroll & Komentar: Mana Yang Berpengaruh ke PageRank?

Lebih berpengaruh besar yg mana antara menaruh link kita dalam komentar atau ada dalam blogroll suatu blog? Bukankah sama saja link kita tertera di blog orang lain?

Ini pertanyaan yang tertunda ya, saya coba jawab sekarang.

Untuk mendapatkan jawaban yang lebih tepat, kita ajukan dulu pertanyaan susulan: Berpengaruh terhadap apa?

Ada dua yang harus selalu terlintas dalam benak: (1) Pagerank dan (2) Traffic[*]. Kedua konsep ini berbeda tapi saling terkait dan tidak terpisah. Seperti dua sisi mata uang.

Pertanyaan di atas kita bisa jawab begini: Terhadap Pagerank, yang lebih berpengaruh adalah link di blogroll. Bahkan sebenarnya kita bisa bilang, yang berpengaruh (ulangi: terhadap Pagerank) hanya link di blogroll, yang di komentar tidak. Ini jawaban sementara lo, karena masih ada tambahan.

Tolong diikuti ya, agak panjang dikit.

Berdasarkan pengaruhnya terhadap Pagerank, link ada dua macam: (1) nofollow dan (2) dofollow.

Bayangkan semua link yang kita buat (baik antar halaman di dalam blog kita sendiri [internal link] maupun link dengan blog lain [external link]) seperti jaringan pipa PDAM. Pada tiap-tiap sambungan ada katup, bisa terbuka atau tertutup. nofollow adalah keadaan dimana katup itu tertutup, dofollow sebaliknya, terbuka. Dan Pagerank adalah air yang akan mengalir melewati jaringan pipa ini.

Link di Blogroll

Link yang kita taruh di blogroll kita katupnya terbuka, artinya dofollow, dia mengalirkan Pagerank, dari blog kita ke blog lain (yang URLnya kita tuliskan di blogroll kita). Sebaliknya berlaku hal yang sama, jika orang lain menuliskan URL blog kita di blogrollnya, Pagerank dia akan mengalir ke blog kita.

Pada keadaan ini tercipta dofollow reciprocal link. (Mudah-mudahan istilah ini tepat). Maksudnya begini: reciprocal berarti link yang tercipta bolak-balik, dua arah. Dan dofollow berarti pada kedua ujungnya berkatup terbuka.

Dengan begini kedua belah pihak saling diuntungkan, walaupun sebenarnya hasil yang didapat tidak akan sama pada keduanya. Jika A memiliki link ke B dan juga sebaliknya, B memiliki link ke A, artinya reciprocal, tetapi PageRank keduanya tidak sama, misalnya A PR3 sementara B PR0 maka yang lebih diuntungkan adalah B. Pagerank yang mengalir lebih besar dari A ke B dibanding dari B ke A.

Link di komentar

Setup default komentar pada blog adalah nofollow. Ini berlaku setelah Google mengenalkan rel=”nofollow” pada 2005 dan diadopsi oleh para pembuat software blog. Setiap kali kita menulis komentar di blog orang lain, kita mendapat link di blog itu setelah komentar kita disetujui. (Hindari menuliskan URL pada isi komentar karena ini malah dianggap spam dan pada WordPress.com misalnya, diblok oleh Akismet). Liink yang dimaksud adalah nama yang tertera sebelum isi komentar (Fuve says).

nofollow link pada komentar

nofollow link pada komentar, blog masih dengan setup default. Highlite pink stabilo menandakan nofollow link, SearchStatus Firefox add-on

Berapapun seringnya kita menulis komentar di blog orang lain, sama sekali tidak akan berpengaruh pada PageRank blog kita. Benar bahwa dengan menulis komentar di blog orang lain kita mendapatkan link, semakin sering menulis komentar, semakin banyak kita mendpat link, tetapi link ini adalah nofollow link, link dengan katup tertutup, tidak akan ada PageRank mengalir melewati link seperti ini.

Kecuali, blog tempat kita menulis komentar itu sudah diubah statusnya dari nofollow menjadi dofollow. Katupnya sudah dibuka oleh pemiliknya.

dofollow link pada komentar

dofollow link pada komentar, blog sudah diubah setup menjadi dofollow. SearchStatus tidak menandai nama penulis komentar dengan stabilo. Blog ini menggunakan page level meta tag ="index,follow"

Jadi kalau dengan menulis komentar kita berharap mendapatkan penambahan PageRank, menulislah komentar di dofollow blog.

Kesimpulan

Lebih berpengaruh besar yg mana antara menaruh link kita dalam komentar atau ada dalam blogroll suatu blog?

Sekarang kita bisa dapatkan jawaban lebih presisi:

Dalam keadaan default, hanya link di blogroll yang berpengaruh terhadap PageRank. Link di komentar tidak berpengaruh.

Jika setup blog sudah diubah menjadi dofollow, kedua link ini (di blogroll maupun di komentar) berpengaruh sama terhadap PageRank.

[*]  Traffic biasanya dimaknai kunjungan (crawler/bot maupun human [actual visit]). Link yang mengarah ke blog kita, yang tertera di blog orang lain, bisa kita ibaratkan petunjuk arah atau Billboard. Melalui Billboard itu kita harapkan orang mau berkunjung ke blog kita. Dofollow maupun nofollow, bukan pertimbangan terhadap traffic. Keduanya perlu diusahakan. Yang berpengaruh adalah isi, muatan pesan yang menyertai link. Yang biasa terjadi  misalnya, pada komentar ditulis: “monggo mampir ke blog saya….” Atau cara lain adalah menuliskan komentar yang  relevan dengan konten post. Dengan begitu orang akan tertarik dengan isi komentar yang ditulis dan mengunjungi blog si penulis  dengan mengklik namanya.

Comments at the Library of Congress blog

Terjadi diskusi hangat di bagian komentar blog the Library of Congress mengenai pendokumentasian semua tweet yang muncul sejak 2006. Kini semua tweet kita tercatat di the Library of Congress “bersebelahan” dengan the Declaration of Independence. Sayang, the Library of Congress tidak mengijinkan ada link untuk penulis komentar padahal TLD (Top Level Domain)-nya .gov

comments at the Library of Congress blog

Home | About | Blogging | Daily Life | Insights | News | Videos | SEO

5 thoughts on “Link di Blogroll & Komentar: Mana Yang Berpengaruh ke PageRank?

  1. menurut gw sulit nyari link yang dofollow, tapi mesti dicoba terus. Banyak kasih komnentar di blog orang akan sedikit banyak mempengaruhi blog kita.

    Reply
    • sulit tidak sulit terkait keluasan jaringan kita
      soal pengaruh-pengaruhan, rasanya post ini bicara specifik, pengaruh terhadap apa…
      tolong simak lagi ya…

      atau ambil kasusnya blog ini. (dibuat untuk ‘study’ link building). tayang Feb 2010, April 2010 PR03. Juli 2010 nanti belum tahu. minim komentar, tidak tukaran link dst. hanya mengandalkan direktori & social bookmarks.

      Terima kasih sudah berkunjung dan memberi komentar
      salam

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s