Komentar Tidak Relevan? Ada ada saja

Perasaan, setiap kali mau menulis komentar selalu dipikirkan dulu apa isi terbaik yang bisa dituliskan agar hasilnya bukan sekedar say halo. Tema bahasannya pasti harus dibaca, coba dipahami dst, supaya komentarnya nyambung. Apalagi kalo mau menulis komentar di situs yang dimoderasi serius oleh editor khusus di masing-masing bidang yang disajikan. Dan sejauh ini belum pernah ada yang ditolak, kecuali satu, itupun karena kurang hati-hati membaca aturan main. Tapi yang ini pun akhirnya diloloskan setelah kemudian direvisi dulu dengan menghilangkan link yang tidak perlu atau dianggap sebagai ad text links.

Tema bahasan pasti harus dibaca dulu lalu ditelusuri kaitannya dengan sumber lain. Kalo sudah yakin bisa mengerti, baru mencari celah untuk jalan masuk agar komentar yang akan dituliskan ada dalam perspektif bahasan. Boleh jadi komentar itu menghasilkan perspektif tambahan, boleh jadi ia memperdalam perspektif yang sudah ada.

Siapa penulis komentar, apa backgroundnya, di mana lokasi geografisnya menjadi sangat tidak relevan dipertanyakan. Sebenarnya bukan saja di Internet, di kehidupan keseharian pun hal-hal seperti ini menjadi prioritas nomor tiga. Yang lebih penting cermati apa yang dikatakan, adakah ia didukung argumen berdasar, paling tidak, silogisme sederhana misalnya?

Penyebutan persona dengan Mr., Ms., Bp., Ibu., dst juga ga penting lah. Toh dalam lingkup bahasan yang sedang dibicarakan, yang terutama harus dicermati adalah logical form, bukan otoritas. Bukannya biasa kita langsung menyebut nama tanpa embel-embel degree dst ketika merujuk suatu kutipan? Coba perhatikan bibliografi.

Apa ne maksudnya?

“Good Comments. Tapi kami periksa dulu. Hanya komentar yang relevan yang akan kami muat. Silakan berkunjung lagi besok.”

Mungkin harusnya yang ini:

“Good Comments. Tapi kami periksa dulu. Hanya komentar yang ‘santun’ yang akan kami muat. Silakan berkunjung lagi besok,”

Ono ono ae.

Home | About | Blogging | Daily Life | Insights | News | Videos | SEO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s