Links Yang Berpengaruh Pada Perubahan Ranking Di Google SERPS

Setiap link yang menghasilkan traffic bisa dibilang link bagus. Tetapi apa yang dimaksud quality links, apa itu link yang bagus dan link yang tidak berguna, terkait peningkatan actual ranking halaman anda di Google SERPS?

Pertama, anda harus sadari bahwa kualitas suatu link (yang berpengaruh pada peningkatan ranking situs anda di Google) bergantung pada halaman dan situs tempat halaman itu. Apakah situsnya terpercaya, apakah halamannya terpercaya, apakah halamannya terindeks di Google, berapa banyak link ada pada halaman tempat link anda, apakah orang benar-benar akan mengklik link ini (yang merupakan ukuran bagus untuk quality link!)?

Yang terpenting adalah mengenai halaman tempat link itu. Hanya karena anda mendapat link dari suatu domain dengan PageRank tinggi tidak serta merta menjadikan link itu link yang bagus. Halamanlah yang harus menjadi pokok perhatian anda.


Anda harus dapatkan perpaduan focused anchor text links, unfocused anchor text links dan URL citations (www.hobo-web.co.uk etc) dalam link profile anda untuk menjamin ranking berjangka lama (link profile natural).

Berikut adalah rule of thumbs umum yang bisa diikuti:

  1. Internal link. Aturlah situs anda sebelum mendapatkan link. Google menyukai site structure yang bagus dengan banyak text link saling merujuk antar halaman dalam satu situs. Saya lebih menyukai navigasi situs minimal dan banyak link antar konten jika anda punya banyak konten yang bagus, dan saya selalu pertimbangkan bahwa Google hanya memperhitungkan link pertama pada suatu halaman. Jangan lupa sering membuat link ke halaman anda yang anda anggap penting – untuk menjamin halaman-halaman itu terindeks di Google.
  2. Link di situs berita arus utama, dan jenis situs berotoritas lain. Alasannya karena situs-situs ini terpercaya dan banyak memiliki link dari situs lain.
  3. Link di Situs industri terkait (tujuan seo, dan kualitas sangat bagus, tetapi bergantung pada situsnya, niche dan jenis link – bisa sangat berguna). Biasanya situs seperti ini juga banyak memiliki link dari situs lain.
  4. Link pada halaman di stus dengan PageRank tinggi dan sudah berumur lama dan terpercaya seperti halaman-halaman di situs universitas. Sangat baik jika anda bisa meminta webmasternya membuat link ke situs anda.
  5. Link dari situs tak terkait (bergantung pada situs dan jenis linknya, bisa sangat berguna untuk meningkatkan ranking Google dan PageRank anda.
  6. Link di posting blog (bagus, bergantung pada situsnya, tetapi mudah menguap karena post teracak dalam arsitektur situs yang kurang bagus. Tetapi link (pada post bukan pada komentar) di Hobo blog adalah descent link, saya sudah mengujinya, dan bisa bernilai 2-3 TPR.
  7. Komentar di dofollow blog (kualitas rendah terkait PageRank dan transfer trust, tetapi untuk transfer anchor text bagus)
  8. Link dari sosial media (pendapat, menurut saya link ini rendah kualitasnya, tetapi halaman-halaman anda bisa terekspos dan tentu saja, bergantung pada apakah halaman itu populer atau tidak, pengaruhnya sementara dan tampaknya hasil yang didapat tidak lebih baik dari link dari direktori)
  9. Site wide link dan blogroll (umumnya kualitasnya rendah terkait transfer anchor text – biasanya bagus untuk PageRank tetapi tidak seefektif seperti semula)
  10. Situs artikel – bergantung pada kualitas dan sindikasi situsnya, bisa berguna tapi biasanya kualitasnya rendah. Melakukan sindikasi dengan situs-situs seperti ini bisa menghasilkan pengaruh bagus, untuk sekarang.
  11. Link dari direktori (kualitas rendah, mungkin berguna kalau anda dapatkan banyak – bergantung pada kualitas direktorinya.
  12. Forum signature (umumnya rendah kualitasnya, bergantung pada halaman dan forumnya, mungkin bergantung pada jumlah linknya juga)
  13. Link dari halaman link yang bagus (sangat rendah kualitasnya)
  14. Reciprocal link pada halaman link (sangat sangat rendah kualitasnya)
  15. Nofollow link (seperti pada kebanyakan komentar blog – tidak berguna, tetapi bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan trafik jika anda mendapatkan link dari post atau komentar dari blog populer)

Hal-hal yang dikemukakan di atas adalah panduan umum (rule of thumb) dan tentu saja berdasar pada pengalaman saya – orang tentu saja akan setuju dan tidak bergantung pada pengalamannya. Seperti pada banyak seo, mengenali link yang bagus sangat memakan waktu – Google terus menerus berubah.

Selalu ingat juga bahwa link harus disertai title tag berstruktur bagus, konten bagus dan arsitektur situs yang bagus.

Bagi saya, tuntutan lain adalah semakin mudah link didapat, semakin kurang bagus kualitasnya dan anda tidak akan mendapatkan link yang lebih bagus dibanding link dari REAL sites.

Part of Free Linkbuilding Tips month at Hobo

Links That Effect Ranking Change In Google SERPS | Hobo
Shaun Anderson (Hobo)

Home | About | Blogging | Daily Life | Insights | News | Videos | SEO

2 thoughts on “Links Yang Berpengaruh Pada Perubahan Ranking Di Google SERPS

    • Jawaban pendeknya ya. Tapi ini bukan satu-satunya faktor penentu. Asumsinya begini: Jika suatu halaman sudah berumur sangat lama dan struktur linknya tetap, ia akan ‘ditinggalkan’ oleh search engine. Crawler tidak lagi sering-sering nengokin. Crawler memanfaatkan cache untuk merujuk ke halaman ini. Tetapi jika kita buat perubahan struktur link atau mudahnya kita buat link baru ke halaman lama, crawler akan ikuti link baru ini, karena crawler tahunya cuma ngikutin link. Link ini, jalan buat crawler, kita sendiri yang atur. Kalau saya tidak salah link building kan sebenarnya menyangkut soal ini dan itu sebabnya pula ada yang disebut PageRank sculpting. Jadi halaman lama ini kembali ditengokin crawler.

      Pembenahan internal link structure berpengaruh langsung pada PageRank (tapi bukan berarti PageRanknya ngelonjak). Kalau pembenahannya ‘OK’ PageRank jadi lebih ‘OK’. Dengan PageRank yang ‘OK’ kita bisa berharap SERP juga berubah lebih baik.

      Tapi ini asumsi saya lo ya. Ini kesimpulan yang bisa saya dapat dari berbagai sumber dan dari apa yang sudah saya kerjakan. Sampai sekarang saya masih dihantui pertanyaan, sebenarnya internal link structure yang bener-bener bagus itu yang gimana sih? Saya sudah coba lebih dari satu pola struktur termasuk salah satunya pada blog ini, hasilnya? kabar buruk mas… tapi yang hasilnya bagus juga pernah saya dapatkan, termasuk ya itu, mengangkat kembali halaman lama.

      Mudah-mudah jawaban ini kena ke pertanyaannya.
      Matur nuwun mas sudah berkunjung
      Salam

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s