Blog Feed ke Facebook, Boss-ku Malah Protes

“Bisa ga kalo aku posting di blog ga muncul semuanya di Facebook?”

“Lo emang kenapa?”

“Soalnya kalo aku posting tiga atau lima dalam sehari, terus mucul semua di Facebook, Wall-ku jadi terlalu penuh. Terus kalo keseringan update orang jadi bosen.”

Cuplikan pembicaraan di telepon. Jadi sempet sewot gara-gara permintaan ini. Soalnya kejadian yang dikeluhkan itu memang sengaja dibuat seperti itu supaya setiap posting di blog serta merta muncul di Facebook. Itu lo via RSS Feed.

Konten blog, apalagi yang komersial, harus di-share di social bookmarking sites supaya dapet link dan traffic. Supaya ada penjualan. Itu sebabnya commercial-blog-nya beliau itu dibuatkan juga akunnya di Facebook. Lalu supaya ga repot bolak-balik blog-Facebook, lewat Facebook>Profile>Wall>Option>Setting subscribe ke RSS Feed blognya. Eh masih juga protes. Pie toh Boss?

Blogger Feed ke Facebook, djuyadi

Boss kagak tahu kali ye, setiap kali selesai boss posting di blog, ane terus share satu per satu postingan itu ke Digg, StumbleUpon, Technorati, YahooBuzz and so on. Banyak lo Boss, kerjaan!

Blog Submit to Social Bookmarking Sites

Kita gambarkan deh. Konten kita di blog harus dikenalkan ke dunia (di Internet) he he… supaya orang laen bisa menemukan apa yang kita sajikan. Nah salah satunya ya lewat Facebook. Kalo ga begitu, mana bisa orang laen temukan apa yang kita sampaikan? Kalo kita search (ketik di kotak pencarian) di browser (Firefox/Internet Explorer/Opera) lalu muncul daftar di hasil penelusurannya, kan ga semua daftar yang muncul itu langsung merujuk ke blog kita ya? Nah itu kan gara-gara konten di blog kita di share di tempat lain. Kaya kalo kita pasang iklan di direktori iklan kan muncul juga di search-result ya, jadi orang bisa lebih mudah menemukan apa yang kita promosikan.

Jadi soal konten yang terlalu banyak muncul di Facebook itu gimana ya sebaiknya? Bagusnya si dibiarin gitu, tapi kalo ga mau juga, login aja ya ke akun Facebook-nya terus dihapus mana yang ga usah tampil. Atau ya posting di blognya diatur aja jumlahnya. Misalnya kalo maunya tampil satu konten di Facebook-Wall dalam sehari ya posting satu konten aja di blognya.

Tapi jadi pengen nanya nih, kan kalo Boss seliweran di Facebook, tiap hari tuh update status dan bukan cuma sekali dua kali. Bangun tidur update status, lagi makan update status, mau pipis update status, abis jalan-jalan upload foto; update status,  malem-malem kalo susah bobo update status, ketemu “sobat” apalagi, wow! “….Yank, Maeen Yuuuk…!” or “Lap yu… mmmuah …  mmmuah…” Yang jelas-jelas misalnya kalo ada yang ulang tahun, itu Wall ampe penuh buanget dan harus discroll lama. Yang ulang taon bukan sebulan sekali, lagi. Ko ga ada masalah. Nah yang dari blog ini kan lebih penting Boss biar infonya updated terus di Facebook.

Seringkali memang tidak mudah menemukan titik temu sudut pandang, apalagi yang berangkat dari tempat berbeda. Saya ya mikirin SEO (Search Engine Optimization); bagaimana suatu situs bisa terpromosikan. Kalo Boss mikirin apa ya?

Home | About | Blogging | Daily Life | Insights | News | Videos | SEO

Leave a comment