Google PageRank: (Un)explained? Huh!

Hi Que… How’s the Olympic?

I’m gonna talk a little bit more serious. Well it’s the topic that made me to. And it’s gonna be a long post. Should I break it into parts or write them all down in a single post?

I really wanted to post it all in English but, you know, I’ve got problems with that.

Do you like tips? Well I do. Some are really good and worth doing and I’ve really learned a lot from tips. But there’s a problem with tips, and it’s true for me. Tips don’t give me explanation. They just gimme how-tos. True explanation behind them is unrevealed. And I want more.

I’m searching for explanation of what’ve happened to my blog. Is there any exact explanation of how Google compute Google PageRank?

Google PageRank

OK Que, kita coba cari penjelasan sendiri. O ya, switch bahasanya ya, soalnya belepotan. Kita tentukan dulu sumbernya ya, atau kita uji dulu pertanyaannya, layak atau tidak? Ah tapi bagian ini kita lewati saja, kita langsung saja ke urusan penentuan sumber rujukan.

Ada penjelasan di Wikipedia: diagram, paparan, dan rumusnya. Harusnya kan “mudah”(?) ya kita bisa memahami komputasi Google Pagerank. Mudah bukan berarti semudah menghitung anak ayam turun seribu… tapi ya paling tidak kita bisa minta tolong orang lain yang memahami soal ini dan minta beliau menjelaskannya. Tapi buktinya tidak seperti itu. No one except Google alone knows the exact computation. Semua cara yang kita kerjakan untuk mengusahakan Google PageRank, based on opinion, walaupun tidak serampangan. Jadi lucu ya. Kita ada di dunia komputasi tetapi untuk yang ini komputasi jadi void. Kita pelajari dan kerjakan komputasi untuk mengurangi ketidakpastian, tetapi untuk urusan ini boleh dibilang jadi null. Semua usaha jadinya didasarkan pada tips! Dan kalau kita tanya lebih lanjut bagaimana tips itu didapat, “well that’s what happened to me…” Huh!

Bukan cuma Larry dan Sergey yang tahu rumus itu. Ia pasti mudah buat mereka yang memang mendalami urusan ini. Para SEO juga pasti tahu soal rumus ini. Tapi? SEOs juga (cuma) menghadirkan tips! Taro lah begini, Google menambahkan muatan kualitatif pada penentuan nilai Google PageRank, dan ini tidak bisa dikomputasi. Kalaupun begini harusnya kita bisa mendapatkan hasil penghitungan matematisnya (dulu) lalu menunggu penganugerahan nilai kualitatifnya. Buktinya juga tidak begitu. Yang bisa kita kerjakan, kita (1) ikuti tips dari SEOs, (2) tunggu Jadwal Google PageRank Update, lalu (3) pelototi Google Toolbar. Anakku yang super cute (miss you!) bilang: Huh!

Apa Google PageRank ini harus kita pahami seperti stock market? Analisis Teknikal? Analisis Fundamental? Bla bla bla? Anakku yang super cute sering bilang: Huh!

Home | About | Blogging | Daily Life | Insights | News | Videos | SEO

Leave a comment